Hildebrand & Wolfmuller: Motor Pertama Didunia Yang Sudah Didatangkan ke Probolinggo Sejak 1893

Hildebrand & Wolfmuller (Source: Wikipedia)

Brother semua pecinta sejarah motor klasik dan antik, tahukah  brother motor pertama yang diproduksi secara masal dan komersil? Hayoo, yang dulu sempat lulus SD masih ingat nggak pelajaran sejarahnya? Kalo tidak salah ingat ini sekitar setengah abad setelah revolusi industri di Eropa sono. Jauh setelah Thomas Savery menemukan mesin uap pertamanya. Masih belum ingat juga? OK, motortua ingatkan lagi bahwa motor ini ide pertamanya diinisiasikan oleh duo kakak-beradik Hildebrand. Gimana, bingung atau lupa atau masa bodoh? hehehhee

Ya sudah, hayuk bareng-bareng kita buka lagi buku sejarahnya. Jika brother semua pernah pernah mendengar Reitwagen atau Einspur pasti tahu sejarah motor pertama dibuat. Kapan-kapan motor tua akan mebahasnya jangan kuatir. Waktu Gottlieb Daimler and Wilhelm Maybach merancang reitwagen yaitu sepeda kayu yang dibekali mesin uap yang kelak disebut "the father of motorcycles" atau pionir sepedamotor pertama dibuat, mereka belum berfikir untuk memproduksinya secara masal. Nah, baru pada 1894 Heinrich dan Wilhelm Hildebrand bersaudara bersama dengan Alois Wolfmüller mencoba membuat secara banyak untuk tujuan komersil.

Sketsa design awal (Source : Gizmag)

Terus, bagaimana ceritanya kok bisa motor pertama ini sampai di Probolinggo? Cukup aneh juga memang karena Jepang sebagai negara sepeda motor duniapun belum mengenalnya, lah ini di Probolinggo sudah bersliweran. Adalah Jhon. C. Potter yang pertama memboyong sepeda motor ini ke Probolinggo. Pada tahun 1983, Potter yang merupakan seorang masinis pabrik gula Oembul Probolinggo era jaman Hindia Belanda memesan secara khusus kepada Hildebrand & Wolfmuler di kota Munchen, Jerman untuk dibuatkan sebuah sepeda motor. Makanya jika brother cermati kemungkinan motor yang di pesan Potter masih belum dibuat secara melimpah karena Hildebrand & Wolfmuller baru dipatenkan dan diproduksi secara masal tahun 1984. Widih..., tambah spesial dong dan sangat beruntung kota Probolinggo sebab di Amerika saja baru masuk tahun 1895 yang berarti dua tahun setelahnya. Mantap...

H&W milik JC Potter ( Source: kudabesikucom)


Menelisik wujud Hildebrand & Wolfmuller, brother akan disuguhkan bentuk design yang simpel atau sederhana untuk dikatakan sebuah sepeda motor. Sekilas jika diamati lebih mirip sepeda ontel jaman dulu yang diberi mesin. Tapi yang bikin kagum adalah engine mesin berkubikasi besar yaitu 1500 CC dengan model twin silinder, 4 valve, dan berpendingin air. Sayangnya ternyata power yang dihasilkan hanya 2,5 HP @ 240 rpm. Kecepatan maksimumnya hanya mencapai 28 mph atau sekitar 45 km/jam. Uniknya juga untuk menggerakan roda, motor ini tidak menggunakan rantai tetapi langsung dengan sistem kruk (crankshaft) seperti sistem lokomotif kereta api jadul cara kerjanya dan bahan bakarnya sudah menggunakan bensin atau bisa juga nafta yaitu semacam minyak bumi yang diolah sebelum proses menjadi bensin (bensin berat).

Kini keberadaan Hildebrand & Wolfmuller sudah sangat langka, hanya beberapa museum yang mengoleksinya seperti Deutsches Zweirad- und NSU-Museum di Neckarsulm, Jerman, The Science Museum di London, The Henry Ford di Detroit, Michigan, dan di Indonesia sendiri brother hanya bisa temui di Museum Lalu Lintas Surabaya.

Baca Juga:

Nih bro, videonya gimana anehnya sistem kerja kruk untuk menggerakan rodanya. Unik bener...




Labels: , , ,