Sisi Liar Dibalik Wajah Design Kebapakan Honda GL Max.


GL Max Neotech (Photo by Motortuo)

Brother semua yang bersahaja, apakah ada yang punya motor Max, Honda GL Max baik neotech atau masih pakai platina? Atau mungkin malah ada fanboynya alias pecinta mati varian motor GL?
Admin sendiri masih menyimpan satu, warna hitam versi standar walaupun sudah robek-robek baju covernya tapi masih jozz.

Si Max ini hampir selama 12 tahun, setia selalu  mendampingi getir manisnya  perjalanan hidup. Dari masa SMA, kuliah hingga kini menjadi kuli tinta. Motor tersebut mempunyai tempat sendiri dilubuk hati karena motor pertama dan satu-satunya kepunyaan. Lebih khusus lagi sebab merupakan pemberian orang tua.

Sekilas mengenai Honda GL Series, motor ini pertama kali muncul masih menggunakan teknologi lawas yaitu GL Max Platina karena engin mesin memiliki sistem pengapian platina. Kemudian pada tahun 1987 hingga 1994 generasi GL Max berikutnya diproduksi dengan design visual mesin berwana hitam sehingga dikenal dengan nama GL Max Black Engine. Nah, generasi terakhir adalah GL Max Neotech yaitu varian Max dengan teknologi baru dan varian ini diproduksi dari tahun 1995 hingga 2005. Sehabis tahun 2005, Honda memunculkan varian Megapro dengan basic design dari mesin GL.

GL Max sendiri terkenal dengan mesin yang bandel dan bertenaga untuk jalan tanjakan. Jika dibandingkan dengan motor-motor sejenis jaman sekarang boleh diadu untuk kekuatan mesinnya. Makanya banyak orang menyebutnya sebagai motor "Raja Tanjakan". Anda akan banyak menjumpai motor ini didaerah-daerah yang kontur tanahnya merupakan pegunungan. Tidak percaya, coba anda ke daerah Dieng, Wonosobo atau Bromo.

Dengan dibekali mesin 125 CC dan masih menggunakan sistem karbu (karbulator), GL Max merupakan salah satu motor produksi Honda yang cukup populer dan masih bisa anda jumpai bukan saja di Indonesia tetapi di sebagian Asia Tenggara, Asia Selatan dan China.

Memang GL Max jauh dari kata sempurna karena beberapa kelemahan yaitu dibagian tangki yang gampang bocor dan karat jika tidak hati-hati dalam perawatannya. Atau bagian buntut motor antara ban dan tunggangan yang tidak simetris. Namun dari segi fungsionalitas dan karakter mesin tetap nomor satu. Motor ini juga sangat nyaman dibawa untuk perjalanan jauh atau touring.

Tidak dapat dipungkiri pula hampir semua motor pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Ada yang bagus dalam design mesin tetapi kurang elegan dalam design rangka/ body motor atau sebaliknya bagus dalam design body tetapi mesin ala kadarnya. Dan wajib anda  ketahui bahwa semua hal itu bukan salah pabrikan tetapi  memang kebutuhan stategi pasar untuk menyisir konsumen tertentu. Nah, Brother termasuk konsumen jenis mana?

Berikut, bukti ketangguhan GL Max:

GL Max Ngankut Vixion (by Suneo San)

Berani beradu dengan motor touring  (by xplatformdohc)


GL Max Modif Trail (by Maxresdefould)


Nih video Gl Max modif trail mainan lumpur :

Labels: , ,