[ TIPS ] 8 Langkah yang Wajib Hukumnya Dicek Setelah Membeli Motor Tua Bagi Orang Awam.






Brother semua yang sedang napsu pengin cepet-cepet meminang motor tua, atau juga mungkin yang baru berbulan madu dengan partner perjalanan barunya. Selamat ya, anda sudah resmi masuk dalam Klub Pecinta Motor Tua ( KPMT) hehehe. Tidak perlu malu-malu atau sungkan, langsung aja diajak keliling kota atau minimal kompleks dulu. Bukan karena apa, kadangkala perlu dilakukan testdrive untuk mengecek kondisi stamina motor.

Maklum saja kadang suka masuk angin, ya namanya juga sudah uzhur.  Makanya perlu kesabaran lebih dalam perawatannya. Nah, motortua kali ini ingin sharing bagaimana sih agar tunggangan baru (-tapi lama) kita bisa tetep prima setelah dianggurin lama.

1. Langsung cek dulu kondisi Aki, ingat aki merupakan sumber elektrifikasi motor. Tanpa aki yang baik motor akan kesulitan untuk distater. Lihat keadaan air aki, kalo perlu langsung ganti yang baru aja.

2. Jangan sepelekan kondisi tangki, rata-rata motor tua memiliki kerak / karat pada tangkinya. Kalo hal tersebut terjadi, tidak perlu tunggu lagi segera keringkan besinnya lalu cuci / kuras dalamnya. Tips untuk tangki motor tua, usahakan tangki bensin selalu dalam kondisi terisi seikitnya setengah atau penuh kalo sedang tidak dipakai dalam jangka lama. Ini penting untuk menghindari korosi besi bagian kosong tangki.



3. Tahap ketiga yaitu cek filter aliran besin ke mesin. Hampi 90 % persen motor yang sudah lawas atau jarang dipakai biasanya filter aliran besinya kotor / mampet. Copot atau buka saja sesegera dan bersihkan. Atau lebih baik beli saja yang baru, murah kok.



4. Oo iya ketinggalan, cek kembali juga kran besin / fuel valve tangki. Pastikan dalam kondisi baik agar lancar dalam mengalirkan besin.



5. Amati kebersihan karbulator dan pastikan berjalan baik. Kalo pas dinyalakan ngadat / mblebret bunyinya, problematikanya secara umum karbunya kemasukan air ( besin campur air). Jadi pembakaran mesin tidak sempurna. Ini harus dibawa segera kebengkel..



6. Tidak kalah pentingnya adalah busi motor. Ganti aja dengan yang baru biar lancar pengapiannya. Enak buat tarikan motornya..




7. Jangan lupa juga wajib ganti oli baru titik.




8. Nah, setelah semua normal bolelah motor didandanin dengan stiker cat atau yang lainnya. Part yang umum seperti roda, shockbeker, dll itu selera mau diganti atau tidak. Part standar dan original sangat disaranakan. Untuk masalah mesin nanti motortua bahas tipsnya kembali tunggu saja.

Nah itu beberapa langkah yang harus dilakukan oleh beginer / pemula saat membeli motorlawas ala motor tua yang dikutip dari instructables.com. Silahkan ditambahkan di kolom komentar bagi pemain lama motor tua.

Baca juga:

Labels: , , , , , , , , , ,