BROUGH SUPERIOR: Rongsokan Motor Tua Ini Berhasil Terjual 12 Milyar. Edan

Brough Superior 982 CC ( by BCC )

Brother semua para pemulung motor-motor tua, sudah baca belum mengenai berita fenomenal dari ranah dunia jual-beli rongsokan kuda besi tua? Iya, rongsokan besi tua bermesin yang sudah tidak layak pakai. Kondisinya menggenaskan, kalo ketemu mamang-mamang pemulung disini paling sudah dikiloin dijual ke tukang loak, lumayan buat beli susu anak. Bisa saja juga kalau dikampungku ini motor buat ganjel pintu sama engkong. Hehehe

Luar biasa memang kalo ngomongin barang bekas, tidak ada habisnya apalagi kalo ngomongin bekas mantan. Wah dijamin dua hari kaga bisa merem mata, jiahhhh. Hehehe jadi ngelantur kemana-mana jadinya ini topik. Ah sudah, mari kita kembali lagi ke laptop. Kita selesaikan  dongengnya gimana bisa sebuah rongsokan, barang bekas atau barang loak bisa laku 12 milyar. Kok bisa?

OK kita mulai dengan cerita penemuan satu dari delapan motor klasik paling langka didunia produksi tahun 1938. Pada desember tahun kemaren, seorang inggris tidak sengaja menemukan sebuah gudang rongsokan motor di Bodmin Moor, sebelah timur laut kota Cornwall, Inggris. Ternyata setelah dilihat-lihat dan dibersihkan terdapat sebuah motor langka Brough Superior 750cc BS4. Motortua yakin brother semua pasti asing dan tidak familiar dengan merk motor ini. Pasti, karena ini motor bukan sembarang motor. Ini produk pernah disebut sebagai Roll-Royce-nya sepeda motor. Sangat eklusif dan luxs sehingga harganya sangat-sangat mahal.

Rupa rongsokannya ( by BCC )
Sedikit mengenai sejarah singkat dibuatnya sepeda motor mewah ini, biar brother semua paham dan mengerti mengenai Brough Superior. Sayangnya agak kelam dan dramatis ceritanya. Pencipta motor ini bernama George Brough, dimana beliau dulunya adalah seorang pembalap, designer dan juga merangkap sebagai showman. Mayoritas produk motor dibuat secara custom sesuai dengan kebutuhan si pemesannya saja. Makanya rata-rata motor yang dihasilkan mempunya performa yang mumpuni (hight performance) dan kualitasnya nomor wahit (superior quality). Semua Brough Superior  dirakit di Nottingham, pada kurun waktu 1919-1940.

Salah satu produknya yang paling spesial dan langka adalah motor pesanan dari seorang petinggi militer Inggris T.E Lawrence. Dia memesan kepada George Brough sejumlah delapan buah motor pada tahun 1922-1932. Motor yang dipesan rata-rata dibuat dengan kubikasi yang besar hingga 750 CC dan setiap motor diberi kode nama Boa dan George I-VII. Nah, salah satu dari motor tersebut adalah Brough Superior 750cc BS4. Namun, tragisnya adalah pada saat testdrive pesanan ke 7, T.E Lawrence mengalami kecelakan dan mengakibatkan dia meninggal dunia sehingga pesanan ke delapan tidak sempat diantarkan.

TE Lawrence dan Brough S (by BBC)

Setelah lebih dari 50 tahun, keberadaan motor pesanan T.E Lawrence selalu menjadi barang incaran kolektor orang-orang super kaya. Perlu diketahui bahwa Brough Superior model BS4 dimana mesinnya menggunakan 4 silinder hanya diproduksi sejumlah 10 buah dan yang tersisa tinggal 7 buah. Orang terakhir yang mengoleksi motor ini adalah Frank Vague yangmana telah meninggal dunia tahun 2015 lalu.

Pada april tahun lalu, ternyata sebuah rumah lelang Bonhams berhasil menjualnya dengan harga fantastis dan telah menjadi rekor penjualan termahal dalam sejarah lelang motor bekas dalam beberapa dekade terakhir. Brough Superior 750cc BS4 bekas ditawar hingga £331,900 oleh seorang pembeli Jerman yang tidak mau disebutkan namanya. Total keseluruhan, Bonhams mampu melego semua model Brough (8 buah) hingga mencapai £752,625 atau setara 12 milyar.


Ingat lo, 12 milyar untuk motor bekas dan tidak layak jalan. Kalo dikita uang sebanyak itu bisa bikin sekolahan, rumah sakit, perbaiki jalan dll. Tapi memang, kalo bicara hobi tidak bisa dinilai dari banyaknya uang dan kadang kala sangat tidak masuk akal. Sebuah barang bisa berharga milyaran bahkan teriliunan karena ada nilai jual. Bisa dari sejarah, dari materialnya atau bahkan dari siapa pembuatnya. Seekor burung bisa berharga sampai ratusan juta cuman karena bisa berbicara "selamat pagi" dan "awas Kasino ngumpet dibelakang lemari".  Hehehhee. Jadi siapa yang masih bersedia membeli motor rongsok 12 milyar? Saya ada satu, bekas dapet dari tukang loak .


Brough S SS 1000 (by Wikipedia)


Brough S belum sepat diantar (by Wikipedia)



Labels: , , , ,