Mengapa Honda CB750 Lawas Identik dengan Motor Polisi Jadul? Apa Alasannya?





Brother
penggiat motor retro yang taat hukum lantas (lalu-lintas), motortua indo kali ini akan mengulik seluk-beluk kepongahan Honda CB750 sehingga menjadi tunggangan favorit polisi jaman dulu. Kok bisa?

Hei brother semua, pernah nonton film CHIPS nggak? Salah satu film komedi fenomenal yang dibintangi oleh Mas Dono, Kasino dan Mas Indro. Film yang kalo tiap lebaran menemani anda semua dalam bersilaturahmi dengan keluarga besar dan saudara. Ceritanya seputar agen polisi swasta (dektektif) yang menangani problematika jalan raya. Nah, tunggangan dinas mereka juga ikut menjadi terkenal yaitu Kawasaki KZ 200 atau populer dengan Merzy Binter. Keren nggak?


Namun, dalam realitanya ternyata motor favorit yang digunakan untuk dinas pak Polisi jaman dulu adalah Honda CB750 bukan Kawazaki Binter. Motor ini memang fenomenal bukan karena modelnya yang lebih ganteng dan kekar dari Kawazaki Binter tetapi memang mumpuni dalam peforma dibandingkan motor lainnya. Berikut sekilas mengenai sepak terjangnya.

Honda CB750 pertama kali dirilis pada tahun 1969, motor ini ditargetkan untuk pasar Amerika dan Eropa. Soichiro Honda, si pemilik dan pencipta merek dagang pabrikan Honda sangat ambius untuk memasukan motor dengan kubikasi besar ke pasar Eropa dan Amerika setelah mereka sukses dengan produk mungil mereka Honda C 100 CUB / SuperCub.

Tak disangka-sangka ternyata respon pasar sangat besar dan pembeli sangat antusias untuk segera memiliki varian motor ini. Dengan konfigurasi enggine 4 silinder dan model single overhead camshaft (SOHC) membuat peforma motor ini luar biasa besar. Makanya kemudian varian ini diikutkan sebagai kendaraan balap Grand Prix di ajang kejuraan balap motor Amerika sana. Motor ini juga mampu bersaing dengan motor besar lainnya seperti Harley Davidson and Triumph twin-cylinder.

Tidak heran kemudian motor ini dikenal sebagai Superbike. Selain itu jagoan produk honda ini banyak mendapatkan penghargaan seperti "Greatest Motorbikes Ever" oleh Discovery Channel dan menjadi anggota AMA Motorcycle Hall of Fame Classic Bikes.

Mantap bukan? Walaupun termasuk produk lawas namun performanya masa kini. Nah, dengan spesifikasi diatas tidak usah diragukan lagi bahwa CB750 atau sering disebut Honda Dream CB750 Four menjadi bagian dari kendaraan resmi pak Polisi. Bukan begitu bro? hehehe Jangkrik Boss...!


Photo by flickriver


Photo by Flickriver


Versi Strandar (Photo by Flickriver)

Penasaran, cek bro videonya langsung ( bagi yang fakir kuota pakai youtube offline)



Labels: , ,